UMKM Terus Berkembang dengan 6 Ide Bisnis Ini

UMKM, Ide Bisnis, Berkembang.

Hingga saat ini, UMKM masih menjadi salah satu aspek paling berharga bagi negara indonesia. Sebab, pada tahun 2021 lalu, pelaku UMKM telah berhasil berkontribusi terhadap PDB negara sebesar 61% atau senilai Rp 8.574 trilliun. Di mana, kontribusi ini merupakan hasil yang tertinggi dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. 

Nah, bicara soal UMKM, bagi kamu yang ingin membangun usahamu sendiri, ada 6 ide bisnis UMKM nih yang tentunya masih akan terus berkembang hingga tahun 2023 ini.

 

Ide Bisnis UMKM yang diprediksi Masih Berkembang Sampai Saat Ini

 

1. Bisnis Kuliner

Bisnis, Kuliner, Makanan, Minuman, UMKM

(Sumber: TribunBatam.id)

 

Ide bisnis pertama yang masih terus berkembang adalah bisnis kuliner. Ide bisnis ini merupakan salah satu ide bisnis yang bisa memberikan peluang besar buat kamu nih. Karena seperti yang kita ketahui, makanan dan minuman adalah kebutuhan pokok yang tidak bisa digantikan bagi semua orang. Jadi, tidak menutup kemungkinan kalau usaha kamu yang satu ini akan terus dicari dan dicoba oleh masyarakat. 

Nah, bagi kamu yang memiliki semangat pada bisnis kuliner, tentunya kamu bisa langsung memikirkan ide jenis usahanya. Seperti misalnya, menjual makanan ringan, katering makanan, minuman sehat dan lain sebagainya.

 

2. Bisnis Fashion

Bisnis, fashion

(Sumber: Bisnisukm.com)

 

Seperti bisnis kuliner, bisnis fashion juga merupakan salah satu kebutuhan yang masih dicari dan diikuti oleh masyarakat. Sehingga bisnis fashion ini juga dapat memberikan peluang besar buat kamu yang ingin memulai suatu usaha. 

Ada banyak ide bisnis fashion yang bisa kamu tawarkan mulai dari pakainan, aksesoris, hingga gaya model rambut yang sedang trending. Nah, bagi kamu ingin berbisnis di bidang ini, jangan lupa untuk selalu peka dengan perkembangan trend ya.

 

3. Bisnis Jasa laundry

Bisnis, Cucian, Mesin Cuci

(Sumber: Freepix.com)

 

Ide bisnis UMKM selanjutnya adalah bisnis jasa laundry. Kira-kira kenapa ya bisnis jasa laundry juga masih terus berkembang sampai saat ini? Jawabannya sederhana, karena mencuci adalah salah satu kebutuhan sehari-hari yang sangat diperlukan. Terutama, bagi para karyawan, atau pekerja kantoran lainnya yang memiliki banyak kesibukan setiap harinya. 

Namun, tidak hanya para pegawai dan pekerja kantoran saja, tetapi mahasiswa kos juga sangat memerlukan jasa laundry ini. Nah, jadi kamu bisa manfaatkan kesempatan ini dengan membangun bisnis jasa laundry kamu, mulai dari mencuci pakaian, sprei, hingga selimut. 

 

4. Dropshipper

Dropshipper, Bisnis, Produk

(Sumber: Shutterstock.com)

 

Selain itu, dropshipper juga ide bisnis UMKM yang masih berkembang. Dropsipper adalah kegiatan yang dilakukan seseorang dengan menjual barang dari produsen tanpa harus menyetok produk. Pada umumnya, dropshipper dilakukan secara online, namun kamu juga bisa mengoperasikannya secara offline. 

Salah satu keuntungan menjadi dropshipper adalah kamu tidak perlu mengeluarkan modal yang besar, atau bahkan tidak sama-sekali. Karena, tugas kamu hanyalah menjual barang milik produsen kepada para pelanggan. 

Nah, seperi yang sudah kamu ketahui dari keuntungannnya, bisnis dropshipper ini juga masih terus berkembang sampai saat ini. Terutama karena adanya teknologi yang memudahkan cara pengoperasian dalam bisnis ini. 

 

5. Reseller

Reseller, Bisnis, Produk

(Sumber: Demanda.id)

 

Mirip dengan bisnis dropshipper, bisnis reseller juga masih terus berkembang hingga saat ini. Secara garis besar, cara kerja bisnis reselling ini sangat mirip dengan dropshipper. Namun, bedanya kamu harus menyetok produk yang mau kamu jual. Jadi, sebelum kamu menawarkan produk ke konsumen, kamu harus membeli produk dari produsen terlebih dahulu.

Oleh karena itu, sebelum memulai bisnis reseller, pastikan kamu sudah melakukan riset tentang produk yang mau kamu jual terlebih dahulu ya. Karena kalau tidak, kamu bisa mengalami kerugian jika sampai produk yang kamu sediakan tidak laku di pasar.

 

6. Bisnis Kerajinan Tangan

Kerajinan Tangan, Bisnis, UMKM, Kreatif

(Sumber: Hot.liputan6.com)

 

Bisnis kerajinan tangan ini tentunya juga tidak kalah berkembang dengan ide-ide bisnis lainnya. Sebab, bisnis ini dapat menunjukkan tingkat kreativitas dan keunikan yang tak tertandingi. 

Salah satu keuntungan memulai bisnis kerajinan tangan, kamu tidak perlu memiliki modal yang tinggi. Karena, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan bekas seperti botol, kardus, atau plastik yang sudah tidak digunakan menjadi sesuatu yang bernilai. 

Jadi, bagi kamu suka berinovasi dengan membuat benda-benda yang belum pernah ada, ide bisnis yang satu ini bisa kamu coba. 

 

Nah, itu dia 6 ide bisnis UMKM yang diprediksi masih terus berkembang hingga saat ini. Kalau kamu cocoknya yang mana nih? Apa pun usaha kamu, pastinya bisa berjalan lancar, asalkan jangan lupa untuk memanfaatkan teknologi ya. Terutama dengan aplikasi pembayaran digital Qris di sooltanPay. Selain kamu bisa buat Qris kamu secara gratis, kamu juga bisa dapat MDR senilai 0%. Yuk buruan daftar sekarang!

Miliki Metode QRIS untuk semua pembayaran

Ingin Bisnis Makin Laris
Dengan Pembayaran QRIS?

Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Post

Tips Mengelola Keuanngan UMKM - Buat Qris
Keuangan

Tips Efektif Mengelola Keuangan UMKM

Bagaimana Mengelola Keuangan? Mengelola keuangan bisa menjadi tantangan bagi setiap pemilik usaha kecil atau UMKM. Jika kamu tidak memiliki banyak pengalaman dalam mengelola keuangan bisnis,

Read More »

Menuju Cashless Society, Apa Itu?

Dengan kondisi pandemi yang masih berlangsung secara global, masyarakat dituntut untuk beradaptasi dengan gaya hidup baru. Gaya hidup baru ini menyesuaikan dengan teknologi digital yang

Read More »