Sebagai pebisnis pasti Anda mendambakan agar bisnisnya bisa sukses dan terus menguntungkan. Salah satu faktor terbesar suksesnya suatu bisnis adalah ketika memiliki pelanggan setia. Namun, apa sih sebenarnya pelanggan setia dan apa bedanya dengan seorang pembeli biasa? Simak ulasan berikut untuk informasi selengkapnya.
Contents
Pembeli vs. Pelanggan
Berbeda dengan pembeli biasa yang hanya sesekali beli, pelanggan setia adalah seorang yang akan terus kembali membeli dari Anda. Ketika membutuhkan sesuatu, mereka akan secara otomatis pergi mencarinya ke tempat Anda.
Pada dasarnya, kunci agar seorang pembeli bisa menjadi pelanggan setia adalah bagaimana Anda sebagai pebisnis dapat memuaskan mereka. Membangun kepuasan pelanggan sangatlah penting agar pembeli tidak akan berpaling ke kompetitor Anda.
Ketika pembeli puas dengan produk dan layanan yang mereka dapatkan, secara otomatis kepercayaan dan hubungan yang baik dengan Anda akan terjalin. Mereka akan terus memberi keuntungan karena akan selalu kembali ke Anda. Selain itu, seorang pelanggan yang puas juga memiliki kemungkinan besar untuk merekomendasikan usaha Anda ke relasi mereka. Hal ini bisa menjadi peluang besar untuk mendatangkan pelanggan baru bagi Anda.
Bagaimana Mengubah Pembeli menjadi Pelanggan Setia
Berikut adalah tips bisa Anda lakukan untuk mendapatkan pelanggan setia bagi usahamu.
-
Ketahui Perilaku Konsumen Anda
Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah coba ketahui perilaku dari konsumen mu. Cari tahu mulai dari kebiasaan konsumen mu saat berbelanja baik di online maupun offline, sebab karakteristik pembeli berbeda-beda. Anda bisa mencoba cari tahu informasi mengenai produk apa yang paling sering dibeli dan frekuensi pembeliannya.
Dengan begitu Anda bisa mengantisipasi segala kemungkinan yang akan datang, seperti memutuskan produk apa saja yang harus disediakan, berapa jumlahnya, apa yang perlu ditingkatkan, dan lain-lain.
-
Tingkatkan Kualitas Pelayanan
Seperti yang sebelumnya juga telah disinggung, bahwa kepuasan pelanggan sangat berpengaruh untuk mengubah pembeli biasa menjadi seorang pelanggan setia.
Kepuasan pelanggan dapat dibangun dengan memberikan kualitas produk dan layanan yang terbaik. Agar konsumen mau kembali membeli produk dari Anda, maka harus dipastikan apakah kualitas pelayanan toko mu sudah baik atau tidak.
-
Bangun Hubungan yang Baik dan Interaktif
Salah satu cara untuk mengubah hati pembeli agar menjadi pelanggan tetap juga bisa dilakukan dengan membangun kedekatan emosional dan secara aktif berkomunikasi dengan mereka. Anda bisa memanfaatkan platform media sosial seperti Instagram, WhatsApp, Facebook, TikTok, dan lainnya untuk membuat komunikasi menjadi interaktif.
Selain post konten dan informasi menarik mengenai usaha Anda, media sosial juga bisa dimanfaatkan sebagai wadah untuk mengumpulkan feedback pelanggan. Dengarkanlah keluhan dan libatkanlah mereka dalam pengembangan usaha Anda.
-
Tawarkan Diskon dan Promosi Tertentu
Memberikan diskon merupakan cara paling ampuh untuk menarik hati para pembeli berbelanja di tempat Anda. Akan tetapi jika diskon diberikan seperti hari-hari biasanya tidak akan menarik konsumen menjadi pelanggan setia.
Buatlah semacam dorongan kepada konsumen agar pergi berbelanja di tempat Anda, seperti memberikan diskon pada pembelian dengan skala tertentu. Anda juga bisa memberikan diskon berdasarkan nominal harga barang yang konsumen beli.
Intinya, Anda perlu juga untuk memberi batasan berupa waktu, nominal, ataupun frekuensi pembelian agar pembeli merasa rugi jika tidak memanfaatkan kesempatan tersebut bila ingin mendapatkan diskon.
-
Kemudahan Bertransaksi
Terakhir, kemudahan bertransaksi juga menjadi pertimbangan penting bagi pembeli ketika hendak memutuskan apakah akan kembali ke bisnis Anda. Terlebih adanya kemajuan teknologi membuat fenomena cashless society dapat nyata kita rasakan dewasa ini. Kemudahan transaksi digital membuat masyarakat cenderung lebih memilih melakukan pembayaran dengan QRIS, e-wallet, dan mobile banking ketimbang pembayaran tunai.
Nah, untuk mengakomodasi kebutuhan transaksi digital yang mudah Anda bisa menggunakan aplikasi sooltanPay. Disini Anda bisa langsung mendaftarkan QRIS usahamu secara gratis. Selain gratis, proses pembuatannya juga sangat cepat, yaitu 1 x 24 jam. Hanya dengan pembayaran QRIS sooltanPay usahamu akan mendapatkan MDR 0%. Jadi, tunggu apalagi? Buruan download aplikasinya sekarang dan rasakan kemudahannya!