Sukses Finansial dengan Pembayaran Digital

Pemerintah telah berkomitmen untuk mempercepat pemulihan ekonomi bersamaan dengan kepresidenan G20 Indonesia. Dorongan digital yang inklusif, berkelanjutan, dan memberdayakan mendorong orang untuk lebih melek digital untuk keuntungan ekonomi. Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia mendorong sinergi antar berbagai sektor dalam pemanfaatan teknologi digital di sektor keuangan. Teknologi digital telah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari untuk mendukung Sustainable Development Goals (SDGs). Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Pesatnya perkembangan digitalisasi mempercepat perubahan di banyak sektor. Pandemi Covid-19 telah menjadi laju perubahan dalam kehidupan sehari-hari. Digitalisasi berkembang pesat dan masyarakat harus beradaptasi dengan perubahan tersebut. Di tengah disrupsi, ekonomi digital Indonesia dapat menjadi sektor yang tangguh dan tangguh.

Keunggulan Menggunakan Keuangan Digital

Dalam hal ini, industri keuangan digital memiliki keunggulan seperti minimasi kontak dan kepraktisan. Sehingga memberikan kemudahan dalam bertransaksi yang mendorong pertumbuhan ekonomi negara yang inklusif, berkelanjutan dan memberdayakan. Layanan keuangan digital dapat digunakan dalam berbagai format layanan. Dalam hal keuangan digital, Indonesia telah memiliki Indonesia Standard Quick Response Code (QRIS). pembayaran digital atau elektronik berdasarkan kode baca cepat ini menggabungkan berbagai kode cepat elektronik untuk layanan uang seperti OVO, Gopay, LinkAja, DANA dan mobile banking.Perluasan aplikasi QRIS terus menambah jumlah outlet dan transaksi. Sebanyak Perwakilan Bank Indonesia menargetkan peningkatan penggunaan sistem QRIS menjadi 2.163.000 pada akhir tahun 2022. Menurut data, penambahan pengguna QRIS hingga Juli 2022 mencapai 1.311.415. Sementara itu, jumlah merchant meningkat 136,6% (yoy) pada Agustus 2022, dari 1.907.016 merchant. Selama periode ini, ia berhasil mengumpulkan transaksi Mei sebesar 243% (year on year), yaitu mencapai 294 juta crown. Selain itu, peningkatan volume transaksi pada bulan Mei sebesar 60% (yoy) menjadi sebesar 3.752.885 transaksi. Bank Indonesia terlibat dengan audiens sosial yang intensif, serta pasar tradisional, pusat perbelanjaan modern, usaha kecil dan menengah, pemerintah dan sekolah.

Teknologi QRIS

Melalui program SIAP (Ready, Innovative, Safe to Use), QRIS merupakan hasil kerjasama Bank Indonesia dengan Kementerian Perdagangan untuk memperluas implementasi ke pasar tradisional dan mall. Langkah ini akan memudahkan belanja publik di masa pandemi dan era pandemi Covid-19. Untuk memajukan digitalisasi pembayaran QRIS, Bank Indonesia telah mengembangkan visi digital yang akan memajukan sistem pembayaran, yaitu Cetak Biru Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2025. BSPI pada 2025, lanjut Rahmat, Bank Indonesia akan mendatangkan 91,3 juta unbanked. Masyarakat dan 62,9 juta UKM menjadi ekonomi dan keuangan formal berkat digitalisasi secara berkelanjutan. QRIS memudahkan merchant berbisnis dengan konsumen dan uang langsung masuk ke rekening merchant. Harapan dengan hadirnya QRIS di pasar tradisional adalah masyarakat mengerti cara berbisnis, mengerti cara membeli dan cara menabung. Perwakilan Bank Indonesia menjalani sosialisasi dan pelatihan intensif untuk mencapai tujuan tersebut. Di pusat perbelanjaan khususnya di kota Semarang, QRRIS digunakan oleh lima pusat perbelanjaan. Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah mendorong para pengusaha dan pusat bisnis lainnya di dalam dan sekitar Kota Semarang untuk menerapkan hal yang sama. Merchant yang sudah memiliki barcode sebagai alat pembayaran mulai merasakan penggunaan QRIS di pasar tradisional. Pedagang menerima kode batang sebagai alat pembayaran. Pembayaran pembeli langsung masuk ke rekening merchant. Selain meminimalisir peredaran uang palsu, pedagang juga tidak perlu repot-repot menukarkan uang saat membutuhkan uang kembalian untuk pembeli. Namun, terkadang pedagang khawatir jika sinyalnya tidak bagus, uangnya belum sampai. Juga nyaman bahwa pembeli tidak perlu mencari ATM (platform pendukung otomatis) jika dia kehabisan uang saat berbelanja.

Pembayaran Digital Lebih Aman Terjaga

Menggunakan QRIS lebih mudah karena uangnya aman di bank. Penggunaan uang juga dapat diatur untuk kebutuhan bisnis dan kegiatan keluarga. Digitalisasi perekonomian memiliki tantangan bagi masyarakat Indonesia, seperti ketidakbiasaan dalam melakukan transaksi. Bahkan digitalisasi ekonomi ini memiliki tantangannya sendiri. Masih banyak orang Indonesia yang merupakan orang asing dan belum memanfaatkannya dengan baik. Ody, pemilik toko mainan Max Shop, mengaku pembeli lebih suka membawa uang tunai daripada membayar dengan QRIS. Sebagian besar pembeli mau menjual, jadi mereka berbisnis. Mereka datang ke sini  membawa uang (lapak) hasil penjualan  toko mereka. Bahkan, lanjutnya, toko mainan tersebut memberikan diskon 5% untuk pembayaran digital dengan QRIS. Oleh karena itu, pihaknya berharap sosialisasi dapat dilakukan lebih intensif dan rutin, dengan tujuan menjangkau kalangan menengah ke bawah. Sekarang semua orang menggunakan smartphone (ponsel/perangkat) justru karena sosialisasi langkah-langkah penggunaan QRIS sehingga tidak perlu membawa uang dalam jumlah besar. Dalam situasi pandemi yang memaksa kita untuk menjaga diri di rumah, acara digital menjadi ujian bagaimana untuk terus memenuhi kebutuhan sehari-hari tanpa bertemu banyak orang. Jika sebelumnya hanya barang sekunder, kini makanan beku dan berbagai buah dan sayuran segar  dapat dibeli dan dikirim dalam waktu yang sangat singkat. Kondisi ini tentu sangat menguntungkan konsumen dan penjual lokal.  Menurut  Laporan Survei Online APJII Q2 2019-2020 2019-2020, responden menyebutkan beberapa alasan untuk berbelanja online.

Pembayaran Digital Levih Praktis

Alasan paling umum untuk berbelanja online adalah karena harga produk  jauh lebih murah. Alasan lain adalah efisiensi, yaitu belanja bisa dilakukan dimana saja. Untuk alasan ketiga adalah belanja online lebih cepat dan praktis. Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari belanja online, kita dapat menggunakan berbagai layanan yang ditawarkan oleh pameran, e-commerce, dan penjualan MIME di sekitar rumah. Penawaran ini dapat berupa pengiriman gratis, koin bonus, dan uang kembali. Kami juga memiliki fitur lain yang dapat kami optimalkan, seperti penyortiran harga dan pemilihan produk dengan ulasan terbaik. Semua tindakan ini memungkinkan kami untuk mendapatkan produk yang diperlukan dengan harga terbaik dan dalam waktu yang relatif singkat. Pada saat yang sama, tersedia juga produk  Bank Indonesia untuk belanja offline yang dapat bermanfaat bagi pembeli dan penjual yaitu Indonesia Standard Quick Response Code  atau QRIS. QRIS merupakan standarisasi pembayaran melalui metode kode QR  yang distandarisasi oleh Bank Indonesia untuk mempermudah, mempercepat dan mengamankan proses transaksi. Menggunakan kode QR  lebih mudah dari mesin EDC dan menjadi salah satu solusi transaksi di berbagai restoran dan toko di masa pandemi, karena transaksi bisa dilakukan tanpa menyentuh mesin. Aplikasi QRIS ini bertemakan dan semangat UNGGUL yang merupakan singkatan dari UNIversal, Easy, Untung dan Direct. Universal mengacu pada QRIS yang  inklusif untuk semua lapisan masyarakat dan dapat digunakan untuk acara domestik dan luar negeri. Sangat mudah karena orang dapat berdagang dengan mudah, aman, dan  dengan sentuhan kecil, hanya dengan memindai kode.

Bantu Perekonomian Negara dengan Transaksi Digital

Bagus karena QRIS membuat sesuatu terjadi dengan cepat dan efisien. Kami tidak perlu menyimpan kode QR dari penyedia layanan yang berbeda. Hal ini memungkinkan penjual untuk memaksimalkan layanan dan pada akhirnya memungkinkan penjual untuk menarik lebih banyak pelanggan. Dan terakhir, Direct, yang di desain untuk proses akses QRRIS yang cepat dan instan. Meski terdengar sederhana, pembelian produk UMKM melalui transaksi digital dapat  membantu perekonomian negara. Toko online menyatukan pembeli dan penjual, meskipun jaraknya ratusan kilometer. Produk lokal  berkualitas tinggi lebih mudah tersedia di setiap daerah karena saluran distribusi  lebih pendek. Pertumbuhan pasar dan e-commerce yang dapat diakses oleh siapa saja dari mana saja, juga membuat roda perekonomian terus berputar. Sistem pembayaran digital merupakan sistem keuangan yang dapat memfasilitasi pembayaran di era teknologi karena lebih cepat dan mudah digunakan, seperti QRIS. Unduh QRIS ke ponsel Anda sekarang dan nikmati transaksi digital dengan QRIS. Jadi pastikan Anda sudah daftar QRIS kepada penyedia yang resmi dan terpercaya, salah satunya layanan daftar QRIS gratis dari SooltanPay!

Miliki Metode QRIS untuk semua pembayaran

Ingin Bisnis Makin Laris
Dengan Pembayaran QRIS?

Share :

2 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Post

Tips Mengelola Keuanngan UMKM - Buat Qris
Keuangan

Tips Efektif Mengelola Keuangan UMKM

Bagaimana Mengelola Keuangan? Mengelola keuangan bisa menjadi tantangan bagi setiap pemilik usaha kecil atau UMKM. Jika kamu tidak memiliki banyak pengalaman dalam mengelola keuangan bisnis,

Read More »

Menuju Cashless Society, Apa Itu?

Dengan kondisi pandemi yang masih berlangsung secara global, masyarakat dituntut untuk beradaptasi dengan gaya hidup baru. Gaya hidup baru ini menyesuaikan dengan teknologi digital yang

Read More »