Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang begitu pesat di era digital membuat masyarakat mau tidak mau mengikuti perkembangan zaman. Digitalisasi terjadi di semua lapisan masyarakat, salah satunya adalah sektor keuangan.
Menciptakan pembayaran digital yang selain mempermudah transaksi jual beli masyarakat, juga cukup mudah digunakan. Bagi orang-orang untuk mulai menggunakan pembayaran digital dalam kehidupan sehari-hari mereka.
Salah satu metode pembayaran digital yang paling populer belakangan ini adalah e-wallet. Dompet elektronik atau dompet digital adalah aplikasi yang terpasang di smartphone yang fungsinya untuk menyimpan uang. E-wallet terintegrasi dengan layanan pemrosesan pembayaran.
Contents
Apa Itu QRIS?
QRIS adalah singkatan dari Quick Response Code Indonesian Standard, sebuah standar kode QR nasional yang memfasilitasi pembayaran kode QR di Indonesia. Diluncurkan pada 17 Agustus 2019 oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI),
QRIS termasuk UNGGUL (UNIversal, GampanG, Profit and Direct), yang bertujuan untuk mendorong efisiensi transaksi, mempercepat inklusi keuangan, mempromosikan UKM dan dengan demikian meningkatkan ekonomi . pertumbuhan di Indonesia maju. Sedangkan kata
UNGGUL sendiri memiliki beberapa arti yaitu:
- Universal, penggunaan mencakup semua lapisan masyarakat dan dapat digunakan untuk transaksi pembayaran baik di dalam maupun di luar negeri.
- Gampang, masyarakat dapat melakukan bisnis dengan mudah dan aman dengan satu ponsel.
- Untung, transaksi pembayaran menguntungkan pembeli dan penjual, karena transaksi dilakukan secara efisien dengan satu kode QR yang dapat digunakan untuk semua aplikasi pembayaran seluler.
- Langsung, transaksi instan karena prosesnya cepat dan instan, sehingga mendukung kelancaran fungsi sistem pembayaran.
QRIS telah diluncurkan secara nasional sejak 1 Januari 2020. Namun tidak hanya e-wallet, kini QRIS sudah terintegrasi dengan aplikasi pembayaran semua operator, baik bank maupun non bank, digunakan masyarakat di semua toko, merchant, kios, tempat parkir, tiket wisata dan cinderamata (merchant).
Penggunaan QRIS
Menggunakan QRRIS juga sangat mudah. Untuk melakukan pembayaran, Anda hanya perlu membuka dompet online (OVO, DANA, Shopeepay, LinkAja, dll) atau bank seluler yang Anda gunakan, dan masuk ke fungsi pemindaian barcode dan arahkan kamera ponsel Anda ke kode QR tersedia di toko. Kemudian kita masukkan nominal yang dibayarkan dan juga kode PIN. Transaksi berhasil. Mudah bukan?
Keunggulan Kode QR
Standarisasi Kode QR dengan QRIS menawarkan banyak keuntungan bagi pengguna dan merchant. Berikut manfaat masing-masing.
Bagi Pengguna
- Cepat dan terupdate
- Tidak perlu repot membawa uang tunai
- Aman karena semua operator PJSP QRIS diotorisasi secara ketat dan dikontrol oleh Bank Indonesia
.Bagi Merchant
- Lebih praktis karena hanya membutuhkan satu QRIS
- Menghindari uang palsu
- Mencatat transaksi secara otomatis dan terlihat setiap saat
- Meningkatkan branding
- Mengurangi biaya cash management
Meningkatkan cakupan dan pengguna QRIS terus memperluas cakupan QRIS Indonesia terus berlanjut. Bank Indonesia (BI) melaporkan, hingga Mei 2022, sebanyak 18,7 juta merchant (badan usaha) telah menggunakan sistem pembayaran ini. Dimana 90 persen dari seluruh merchant yang menggunakan QRRIS sebagai sistem pembayaran adalah usaha mikro, kecil, dan menengah (MEME).
Oleh karena itu, Bank Indonesia (BI) terus mengakselerasi integrasi ekonomi dan keuangan digital melalui infrastruktur sistem pembayaran untuk mendorong UKM berdaya saing. Seiring bertambahnya jumlah merchant yang menggunakan sistem pembayaran QRIS, demikian pula jumlah transaksinya.
Bagaimana Cara Menggunakan QRIS untuk Pertama Kalinya?
- QRIS dapat langsung digunakan tanpa registrasi.
- Klik saja tombol Activate Now pada menu transaksi penjualan.
- Anda kemudian harus menerima persyaratan penggunaan yang muncul saat pertama kali menggunakan QRIS.
- Hanya administrator atau pemilik yang menyetujui syarat penggunaan, cukup menerima SandK jika dapat digunakan terus menerus di aplikasi untuk melakukan transaksi penjualan.
Hak Akses Non Admin untuk Bisa Menggunakan QRIS
Seorang non-administrator (operator) tidak dapat menggunakan layanan QRIS kecuali jika pemilik (pengguna administratif) telah menyetujui Ketentuan Penggunaan QRIS. Untuk melakukan ini, non-administrator pertama-tama harus memberi tahu Pemilik tentang penerimaannya atas persyaratan tersebut.
Jika pemilik (administrator) menyetujui syarat penggunaan (ini hanya dilakukan sekali), aplikasi ini dapat digunakan oleh semua jenis pengguna aplikasi.
Bagaimana dengan Anda Pengguna QRIS Model Lama?
Anda hanya perlu memperbarui apk ke versi terbaru untuk merasakan sistem QRIS baru. Setelah pembaruan apk, Anda harus menerima persyaratan lagi ketika Anda menggunakan QRIS di APK untuk pertama kalinya.
Anda akan diberikan waktu 30 hari setelah sistem QRIS baru diterbitkan untuk terus menggunakan layanan QRIS Shopeepay. Anda juga tidak dapat menggunakan di APK lama, Anda perlu memperbarui ke apk terbaru untuk menggunakan aplikasi ini.
Cara Menggunakan Sistem QRIS untuk Transaksi Penjualan
Jika transaksi penjualan selesai secara normal, jika pelanggan Anda ingin melakukan pembayaran, Anda sebagai penjual dapat memilih metode pembayaran digital di halaman pilihan pembayaran.
Ketika kode QR muncul di QRIS, Anda dapat menunjukkan kode QR kepada pelanggan Anda. Selanjutnya, pelanggan Anda harus memindai yang telah Anda tunjukkan menggunakan perangkat lunak pembayaran digital milik pelanggan agar pelanggan dapat menyelesaikan transaksi. Transaksi yang berhasil tercatat di history transaksi
Catatan: Transaksi dapat dilakukan dengan minimal transaksi Rp 10.000, jika kurang dari minimal transaksi maka transaksi tidak dapat dilanjutkan dan akan muncul pop-up yang menyatakan bahwa transaksi belum mencapai minimal transaksi.
Bagaimana Jika Proses Transaksi QRIS Memakan Waktu Lama?
Jika Anda merasa proses transaksi memakan waktu yang lama, kini Anda tidak perlu menunggu proses transaksi berakhir dan Anda dapat terus melayani pembeli lain sebagai berikut:
Anda dapat melaporkan bahwa saldo pelanggan Anda sudah habis. Pada layar konfirmasi pembayaran, pemotongan telah dilakukan dengan mengklik Sudah Dipotong. Kemudian Anda akan melihat status pembayaran transaksi pada halaman Pembayaran Tertunda dan transaksi akan muncul pada halaman ini. Dengan mengklik transaksi, Anda akan diarahkan ke informasi Order transaksi terkait dan deskripsi durasi konfirmasi pembayaran hingga 1 jam akan ditampilkan.
Jika transaksi berhasil, akan muncul pesan push di layar ponsel Anda bahwa transaksi pembayaran QRIS telah berhasil diselesaikan. Anda dapat mengklik notifikasi dan kemudian Anda akan diarahkan ke halaman informasi acara dari riwayat acara.
Dan jika transaksi tidak berhasil, akan muncul juga Push Notification di layar ponsel Anda untuk menginformasikan bahwa transaksi QRRIS belum diproses. Anda juga dapat mengklik notifikasi yang akan membawa Anda ke halaman detail transaksi di halaman Pembayaran Tertunda
Bagaimana Uang Masuk ke Saldo Anda Setelah Pelanggan Membayar?
Saat Anda menggunakan pembayaran QR, Anda tidak perlu khawatir uang tidak sampai kepada Anda. Pembayaran terjadi secara otomatis setelah transaksi berhasil H 3. Uang untuk acara tidak dibayarkan sampai rincian rekening pembayaran diisi. Uang transaksi yang beredar masih aman. Anda harus memasukkan detail akun pembayaran dari halaman saldo pengguna aplikasi.
Inilah seputar aplikasi QRIS yang bisa dijadikan salah satu alat pembayaran paling mudah untuk para pelaku bisnis termasuk UMKM. Jadi pastikan Anda sudah daftar QRIS kepada penyedia yang resmi dan terpercaya, salah satunya layanan daftar QRIS gratis dari SooltanPay!