Menentukan target pasar adalah salah satu langkah yang dapat ditempuh untuk membangun dan mengembangkan usaha. Usaha yang berkembang adalah hal yang didambakan oleh setiap pemilik usaha. Setiap pemilik usaha akan melakukan berbagai strategi agar produk yang mereka tawarkan dapat diterima oleh pasar. Akan tetapi, terkadang pemilik usaha jarang menentukan target pasar untuk produk yang mereka tawarkan. Hal ini menyebabkan mereka kewalahan dalam menjual produknya ke orang yang tepat. Oleh sebab itu, strategi menentukan target pasar adalah hal yang penting dilakukan oleh pemilik usaha, terutama bagi pelaku usaha yang baru merintis produk agar mampu meraup omset usaha yang maksimal.
Mengenal Apa Itu Target Pasar
Sumber: grapadikonsultan.co.id
Target pasar merupakan pendekatan bisnis dengan menyasar kelompok konsumen tertentu, tujuannya untuk menjual produk atau jasa dari usaha yang dimiliki ke konsumen target utama. Target pasar memiliki banyak kriteria yang akan membantu dalam menyasar konsumen untuk produk usaha anda. Kriteria ini tersegmentasi dari yang umum ke yang khusus. Semakin khusus target atau segmen pasar anda akan semakin sedikit potensi mendapatkan pembeli, sehingga mengkhususkan segmentasi pasar dapat dijadikan salah satu pilihan untuk mencari langganan produk. Target pasar dapat dibagi menjadi 4 segmentasi diantaranya:
Demographic Segmentation
Segmen ini dibedakan berdasarkan ciri spesifik manusia. Ciri ini umumnya sering digunakan dalam menentukan segmen pasar untuk produk seperti usia, jenis kelamin, edukasi, status perkawinan agama, ras hingga tingkat pendidikan.
Psychographic Segmentation
Segmentasi ini berhubungan dengan pikiran atau cara masyarakat memandang suatu hal. Segmen ini berupa kepercayaan, hobi, gaya hidup, karakteristik diri. Segmentasi pasar ini termasuk segmentasi yang spesifik, karena produk yang dimiliki dikhususkan untuk orang yang memiliki kegemaran tertentu.
Behavioral Segmentation
Segmentasi pasar ini termasuk segmentasi pasar yang general karena melihat perilaku atau kebiasaan masyarakat. Kebiasaan yang dimaksud seperti berbelanja, interaksi konsumen dengan brand, status sosial seseorang, customer loyalty. Contohnya saat ini kebiasaan masyarakat menggunakan transaksi digital, dengan ini pemilik usaha dapat menerapkan QRIS pada usahanya. QRIS akan mudah didapatkan dengan menggunakan penyedia jasa pembayaran.
Geographic Segmentation
Segmentasi ini melihat wilayah geografi atau tempat tinggal masyarakat. Hal ini akan membantu menentukan potensial konsumen berdasarkan daerah asal yang dipilih. Segmentasi ini mencakup negara, kota atau kabupaten, lingkungan tempat tinggal, hingga Iklim dan suhu tempat tinggal. Contohnya yaitu perbedaan kebutuhan pakaian antara orang yang tinggal di pegunungan dan perkotaan.
Manfaat Menentukan Target Pasar
Menentukan target pasar bertujuan untuk memaksimalkan strategi usaha yang kamu ambil terutama dari sisi pemasaran. Selain itu, dengan segmentasi yang baik akan memudahkan kamu dalam mendistribusikan produk. Lebih lanjut, dengan target yang baik akan memudahkan kamu dalam membangun kampanye brand yang kamu miliki. Oleh karena itu, strategi ini dibutuhkan untuk meningkatkan penjualan. Berikut manfaat yang akan kamu dapatkan dari menentukan target pasar:
Penjualan Meningkat
Pelanggan yang tersegmentasi dengan baik akan memudahkan kamu dalam memasarkan produk, sehingga hal ini bisa meningkatkan untung penjualan dari produk kamu.
Pengembangan Produk Jauh Lebih Mudah
Dengan adanya data terkait target pasar, kamu akan mudah mengetahui produk seperti apa yang mereka sukai dan tidak. Oleh karena itu, evaluasi produk ini akan memudahkan kamu dalam melakukan pengembangan produk.
Terjaganya Loyalitas Pelanggan
Memenuhi kepuasan pelanggan terhadap produk yang mereka butuhkan dan sukai, akan membuat pelanggan anda merasa bahagia. Sehingga secara tidak langsung, pelanggan akan mempercayai produk yang kamu miliki untuk menjadi pilihan mereka dalam memenuhi kebutuhan.
Mengetahui Metode dan Biaya Pemasaran
Target pasar yang tersegmentasi, akan membuat kamu lebih mudah dalam menentukan strategi pemasaran, baik secara online maupun offline. Setelah menentukan strateginya, akan memudahkan kamu dalam menentukan biaya pemasaran, sehingga uang yang dikeluarkan tidak akan sia-sia hanya untuk promosi ke target yang kurang tepat.
Mampu Bersaing dengan Produk Lain
Persaingan dalam sebuah bisnis adalah hal yang lumrah apalagi dengan produk serupa. Akan tetapi, dengan adanya target yang jelas serta data evaluasi produk, dapat memudahkan anda dalam menentukan keunggulan produk anda agar bisa bersaing dengan kompetitor lain yang memiliki barang serupa.
Sumber: idmetafora.com
Cara Menentukan Target Pasar
Agar mudah menentukan target pasar, kamu dapat memperhatikan hal-hal berikut:
1. Menentukan Segmentasi Konsumen Anda Sesuai Produk yang Ditawarkan
Menentukan target pasar dapat kamu lakukan dengan mengacu pada keempat jenis segmentasi. Tentunya hal ini disesuaikan dengan produk yang anda tawarkan.
2. Mengetahui Kebutuhan Konsumen Target dengan Evaluasi
Mengetahui segmentasi konsumen untuk suatu produk, akan memudahkan kamu untuk melakukan tes produk. Hasil tes produk akan memudahkan kamu mengetahui apa yang disukai dan tidak oleh konsumen. Sehingga dengan ini kamu bisa memenuhi kebutuhan konsumen target.
3. Menentukan Strategi Pemasaran
Mengetahui kebutuhan konsumen dan mengevaluasi produk sesuai target pasar akan memudahkan kamu untuk menentukan strategi pemasaran. Strategi pemasaran disesuaikan dengan segmentasi konsumen yang telah ditentukan. Contohnya, kamu memiliki target konsumen dengan usia 17-30 tahun, maka akan efektif jika melakukan pemasaran melalui sosial media.
4. Mengevaluasi Respon Pasar
Strategi pemasaran yang telah dilakukan kemudian dianalisis apakah berhasil atau tidak. Dengan adanya evaluasi kamu dapat mempersiapkan rencana-rencana pemasaran lain untuk produk yang kamu miliki.
5. Mampu Membaca Pesaing
Hal yang sudah biasa jika berbicara mengenai persaingan dalam bisnis. Pesaing dalam bisnis merupakan acuan untuk terus mengembangkan produk yang kamu miliki. Dengan mencermati kompetitor, kamu dapat menciptakan keunggulan-keunggulan dan potensi dari produk yang kamu miliki.
Sumber:
podomorouniversity.ac.id
www.kitalulus.com
www.telkomsel.com