Mendag: Produk UMKM Lebih Digemari Karena Berciri Khas

Produk UMKM vs Merek Internasional, Kalah Telak?

Menteri perdagangan, Zulkifli Hasan menyebutkan bahwa produk UMKM Indonesia lebih digemari konsumen karena memiliki ciri khas yang tidak ditemukan produk massal dari merek-merek kelas dunia sekalipun.

 

“Terus terang sekarang UMKM digemari, orang kurang suka yang massal dan justru yang khas yang disukai, yang produksinya tidak banyak.” Sebut Zulkifli pasca mengikuti briefing “Indonesia Now” di Jakarta, Selasa, 31 Januari 2023.

 

“Kita punya harga yang murah, murah tapi bukan berarti jelek. Kualitasnya bagus tapi harganya bersaing, jadi kita bisa masuk ke pasar tradisional di negara Barat tapi juga bisa masuk di pasar-pasar yang baru,” jelas Zulkifli.

 

“Contohnya, untuk produk alas kaki kita punya yang harga 5 dolar (dolar AS) itu masuk ke Afrika, Asia Tengah cepat lakunya. Kalau di Eropa kita punya produk yang harganya 50-100 dolar,” lanjut beliau.

 

Beliau baru kembali dari Arab Saudi dengan membawa pulang kesepakatan kerja sama senilai $155,7 juta Dollar atau sekitar Rp2,3 triliun sebagai misi dagang. Zulkifli akan langsung melakukan kunjungan ke Mesir, Maroko, dan negara-negara Timur Tengan lainnya sebagai upaya menaklukan pasar dunia.

 

“Untuk menguasai pasar dunia perlu usaha dan kata kuncinya adalah kolaborasi. Masih banyak yang perlu kita lakukan untuk mendunia, karena 2045 visi misi kita jadi negara maju,” katanya.

 

Habis PPKM Terbitlah UMKM

 

Bukan hanya sekedar propaganda lagi, UMKM saat ini memang sedang bangkit-bangkitnya. Per Oktober 2022, disebutkan bahwa UMKM memiliki peran yang sangat krusial dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia. Angka UMKM mencapai 99% dari keseluruhan unit usaha. Kontribusi PDB dari UMKM kepada negara mencapai angka 60.5% dari total PDB negara. UMKM juga menyumbang angka yang tinggi dalam penyerapan tenaga kerja adalah 96.9% dari keseluruhan angka penyerapan tenaga kerja nasional. Masyarakat Indonesia semakin sadar bahwa produk UMKM bukan hanya kualitasnya yang tidak kalah saat dibandingkan. Produk UMKM memiliki ciri khas yang juga menjadi kunci sukses merek-merek kelas dunia. Suatu ciri khas yang beresonansi atau terhubung dengan konsumennya.

 

Sumber: Antara

Miliki Metode QRIS untuk semua pembayaran

Ingin Bisnis Makin Laris
Dengan Pembayaran QRIS?

Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Post

Tips Mengelola Keuanngan UMKM - Buat Qris
Keuangan

Tips Efektif Mengelola Keuangan UMKM

Bagaimana Mengelola Keuangan? Mengelola keuangan bisa menjadi tantangan bagi setiap pemilik usaha kecil atau UMKM. Jika kamu tidak memiliki banyak pengalaman dalam mengelola keuangan bisnis,

Read More »

Menuju Cashless Society, Apa Itu?

Dengan kondisi pandemi yang masih berlangsung secara global, masyarakat dituntut untuk beradaptasi dengan gaya hidup baru. Gaya hidup baru ini menyesuaikan dengan teknologi digital yang

Read More »