Kunci Kesuksesan UMKM dari Mendag Zulhas

Ini_Kunci_Kesuksesan_UMKM_dari_Mendag_Zulhas

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) meresmikan gelaran kolaborasi UMKM Legendaris Indonesia. Bertajuk Legendary Brand Festival 2023 di City Hall, Pondok Indah Mall (PIM) 3, Jakarta Selatan. Acara yang berlangsung dua hari ini diharapkan bisa meningkatkan keunggulan kompetitif produk UMKM. Dilansir dari laman detikfinance.

 

Kolaborasi Jadi Kunci Kesuksesan UMKM

Mendag dalam Legendary Brand Festival 2023 - Kementerian Perdagangan Republik Indonesia

Sumber: Situs Resmi Kementerian Perdagangan

 

“Kunci peningkatan daya saing UMKM adalah kolaborasi. Kemendag berkomitmen meningkatkan daya saing UMKM melalui empat pilar. Di antaranya yaitu pengembangan UMKM, sinergi UMKM dengan marketplace, akses pembiayaan bersama LPEI, dan akses pasokan produk UMKM ke ritel modern.” Kata Zulhas dalam keterangan tertulis, Sabtu (25/2/2023).

 

Zulhas menyambut baik kerja sama Shipper dengan e•ko•lab Kemenko Perekonomian, dan Localfest. Guna memfasilitasi kolaborasi pada lebih dari 100 pelaku usaha legendaris Indonesia. Disebutkan ada 10.000 pelaku UMKM di dalamnya.

 

“Inisiatif Shipper dengan Legendary Brand Festival 2023 sejalan dengan misi Kementerian Perdagangan yang membangun ekosistem untuk mempertemukan para pelaku UMKM dengan retail modern hingga perusahaan grosir besar melalui ekosistem e•ko•lab,” lanjut Zulhas.

 

Co-Founder & COO Shipper Budi Handoko mengatakan, gelaran ini benar-benar menjadi wadah yang tepat untuk para pelaku UMKM demi meningkatkan keunggulan produknya.

 

“Kami ingin meningkatkan keunggulan kompetitif produk UMKM sehingga mereka dapat bertahan dan bahkan bertumbuh sehingga dapat membangun bisnis yang lebih berkelanjutan untuk meningkatkan perekonomian nasional,” kata Mendag Zulhas.

 

Lebih jauh, ia juga mencermati berbagai tantangan perekonomian yang akan dihadapi para pelaku usaha tahun ini. Mau tidak mau mereka harus memperhatikan perubahan tren konsumen, digitalisasi, inovasi produk dan layanan untuk tetap bersaing dan berkembang.

 

Adapun Legendary Brand Festival 2023 diselenggarakan secara hybrid dengan rangkaian acara forum bisnis, konferensi, dan pameran. Beberapa merek legendaris yang turut meramaikan acara ini adalah Buccheri, Khong Guan, Wardah, Mustika Ratu, Olympic Furniture, Somethinc, dan merek terkenal lainnya di sektor fesyen, kecantikan, dan makanan dan minuman.

 

Kolaborasi antarmerek besar dengan merek lokal ini juga didukung oleh Localfest, festival urban kreatif yang menampilkan potensi-potensi lokal di bidang fashion, kuliner, musik, dan seni yang diselenggarakan tiap tahun oleh Urban Sneaker Society (USS) Networks.

 

Ayo Jadi Bagian dari Digitalisasi UMKM dengan sooltanPay

Seperti yang disampaikan Bapak Menteri Perdagangan Zulfikli Hasan, agar dapat bertahan dan membangun bisnis yang berkelanjutan. Pelaku UMKM harus mampu beradaptasi dengan perubahan. Seperti tren konsumen, digitalisasi, inovasi produk dan layanan untuk tetap bersaing. 

Salah satu bentuk digitalisasi untuk bisnis yaitu dengan menggunakan QRIS sebagai alat pendukung pembayaran. Dengan QRIS, transaksi bisnis kamu dapat menjadi lebih praktis. Kamu bisa daftar QRIS Gratis hanya di sooltanPay.

Miliki Metode QRIS untuk semua pembayaran

Ingin Bisnis Makin Laris
Dengan Pembayaran QRIS?

Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Post

Tips Mengelola Keuanngan UMKM - Buat Qris
Keuangan

Tips Efektif Mengelola Keuangan UMKM

Contents Bagaimana Mengelola Keuangan? Mengelola keuangan bisa menjadi tantangan bagi setiap pemilik usaha kecil atau UMKM. Jika kamu tidak memiliki banyak pengalaman dalam mengelola keuangan

Read More »

Menuju Cashless Society, Apa Itu?

Dengan kondisi pandemi yang masih berlangsung secara global, masyarakat dituntut untuk beradaptasi dengan gaya hidup baru. Gaya hidup baru ini menyesuaikan dengan teknologi digital yang

Read More »