Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mendongkrak Pelaku Bisnis UMKM

Di Indonesia banyak pelaku bisnis UMKM yang kesulitan mendapatkan biaya UMKM dari bank konvensional dan salah satu solusinya adalah mendaftar KUR (Kredit Usaha Rakyat).

Di Indonesia banyak pelaku bisnis UMKM yang kesulitan mendapatkan biaya UMKM dari bank konvensional dan salah satu solusinya adalah mendaftar KUR (Kredit Usaha Rakyat). KUR (Kredit Usaha Rakyat) adalah program yang bertujuan untuk memberikan akses pembiayaan pada pelaku bisnis (UMKM) yang kesulitan mendapatkan biaya dari bank konvensional. KUR (Kredit Usaha Rakyat) disediakan oleh bank yang telah ditunjuk oleh pemerintah dan memiliki bunga yang lebih rendah daripada kredit biasa. Persyaratan pengajuan KUR (Kredit Usaha Rakyat) biasanya yang lebih mudah dipenuhi oleh pelaku usaha kecil dan mikro (UMKM). Program KUR (Kredit Usaha Rakyat) mencakup berbagai jenis usaha, seperti pertanian, perikanan, perdagangan, dan jasa. KUR (Kredit Usaha Rakyat) diharapkan dapat membantu meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat di Indonesia. 

(Source: Detik.com)

Beberapa waktu ini beberapa bank membuka KUR (Kredit Usaha Rakyat) untuk seluruh jenis usaha. Program KUR (Kredit Usaha Rakyat) memiliki dampak yang signifikan bagi pelaku bisnis UMKM serta bagi perekonomian Indonesia secara umum. Beberapa dampak positif dari KUR (Kredit Usaha Rakyat), antara lain : 

Contents

Meningkatkan Akses Pembiayaan Bisnis

KUR (Kredit Usaha Rakyat) membantu pelaku bisnis UMKM untuk mendapatkan akses pembiayaan yang sebelumnya sulit didapatkan dari bank konvensional. Hal ini memungkinkan pelaku usaha bisnis UMKM untuk mengembangkan dan meningkatkan pendapatan.

Mendorong Pertumbuhan Bisnis

Dengan adanya pembiayaan dari KUR (Kredit Usaha Rakyat), pelaku usaha bisnis UMKM dapat mendongkrak perkembangan UMKM, meningkatkan produktivitas dan kualitas produk atau jasa yang ditawarkan. Hal tersebut akan meningkatkan pertumbuhan usaha dan kontribusi terhadap perekonomian.

Membuka Lapangan Usaha bagi Masyarakat

Program KUR (Kredit Usaha Rakyat) membantu mendongkrak pertumbuhan UMKM, yang mampu meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat. Hal ini juga dapat mengurangi kemiskinan dan ketimpangan ekonomi. 

Mengurangi Ketergantungan pada Riba

KUR (Kredit Usaha Rakyat) memiliki bunga yang lebih rendah daripada kredit biasa. Hal ini mampu mengurangi ketergantungan pelaku bisni UMKM pada praktik riba yang biasa terjadi di sektor informal.

Meningkatkan Kontribusi Berdasarkan Kredit

Dengan adanya pertumbuhan usaha kecil dan mikro yang didukung oleh KUR (Kredit Usaha Rakyat), sektor riil akan semakin berkembang. Hal ini mampu meningkatkan kontribusinya terhadap perekonomian nasional.

(Source : Bisnis.com)

Meskipun program KUR (Kredit Usaha Rakyat) memiliki dampak positif yang signifikan bagi pelaku bisnis UMKM serta bagi perekonomian Indonesia secara umum, program ini juga memiliki beberapa dampak negatif. Bank-bank yang menyalurkan KUR (Kredit Usaha Rakyat) berisiko menanggung kredit bermasalah jika pelaku bisnis UMKM gagal membayar kembali kredit. Hal ini dapat mengakibatkan bank mengalami kerugian dan mempengaruhi stabilitas sektor keuangan. Selain itu, adanya Risiko Moral Hazard dimana pelaku bisnis UMKM dapat mengambil risiko yang besar dalam bisnis mereka. Hal ini dapat terjadi karena adanya jaminan pembiayaan dari KUR (Kredit Usaha Rakyat). Hal ini dapat mengakibatkan pelaku usaha tidak berusaha secara hati-hati dalam mengelola usahanya dan merugikan bank yang menyalurkan KUR (Kredit Usaha Rakyat).

Oleh karena itu, perlu ada pengawasan yang ketat dan evaluasi berkala untuk memastikan program KUR (Kredit Usaha Rakyat) berjalan dengan baik dan tidak menimbulkan risiko bagi perekonomian nasional. KUR (Kredit Usaha Rakyat) juga mampu mendukung para pelaku bisnis UMKM dalam melakukan digitalisasi pembayaran dan mendukung pemerintah dalam meningkatkan kinerja bisnis para merchant sehingga tentu produktivitas usaha juga ikut meningkat.

Miliki Metode QRIS untuk semua pembayaran

Ingin Bisnis Makin Laris
Dengan Pembayaran QRIS?

Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Post

Tips Mengelola Keuanngan UMKM - Buat Qris
Keuangan

Tips Efektif Mengelola Keuangan UMKM

Contents Bagaimana Mengelola Keuangan? Mengelola keuangan bisa menjadi tantangan bagi setiap pemilik usaha kecil atau UMKM. Jika kamu tidak memiliki banyak pengalaman dalam mengelola keuangan

Read More »

Menuju Cashless Society, Apa Itu?

Dengan kondisi pandemi yang masih berlangsung secara global, masyarakat dituntut untuk beradaptasi dengan gaya hidup baru. Gaya hidup baru ini menyesuaikan dengan teknologi digital yang

Read More »