Branding produk sangat penting untuk mengenalkan produk kamu ke konsumen, khususnya target pasar bisnismu. Branding produk tidak hanya meliputi nama, logo, slogan, atau warna, tetapi juga nilai-nilai, visi, misi, dan keunikan yang ditawarkan oleh suatu merek. Jika dilakukan dengan baik hal ini dapat meningkatkan loyalitas pelanggan, membedakan produk dari pesaing, dan meningkatkan penjualan.
Image by rawpixel.com on Freepik
Branding Produk dari 5 Merek Sukses di Indonesia
Pemilik Bisnis tentunya ingin usaha yang dimilikinya dapat dikenali oleh banyak orang. Berikut ini adalah lima contoh merek lokal Indonesia yang dapat menjadi inspirasi bagi Anda dalam melakukan branding produk.
1. Indomie
Indomie adalah merek mi instan yang diproduksi oleh PT Indofood Sukses Makmur Tbk. Eksistensi Indomie tidak terlepas dari upaya branding yang dilakukan hingga terkenal sampai saat ini. Branding produk Indomie sangat kuat dan konsisten. Indomie menggunakan berbagai media untuk mempromosikan produknya dan memiliki slogan “Indomie Seleraku” di setiap promosinya sehingga Indomie mudah diingat oleh masyarakat. Tagline tersebut juga menunjukkan bahwa Indomie adalah mi instan yang disukai oleh semua orang di Indonesia.
Indomie juga memiliki logo berupa huruf I berwarna merah dengan latar belakang kuning yang mudah dikenali. Indomie dikenal sebagai produk mi dengan citarasa khas Indonesia yang cocok dengan selera masyarakat di berbagai daerah. Harga yang dibandrol oleh Indomie sangat terjangkau dan bersaing dengan produk serupa, sehingga menjadi pilihan banyak orang
2. Wardah
Wardah merupakan merek kosmetik dari PT Paragon Technology and Innovation (PT PTI). Berkat promosinya di berbagai media, Wardah dikenal sebagai produk kosmetik halal yang berkualitas dan sesuai dengan karakter perempuan Indonesia. Harga yang ditawarkan Wardah sangat terjangkau dan bersaing dengan produk sejenis. Melalui slogan barunya ‘Feel The Beauty’ yang menggantikan ‘Inspiring Beauty’ Wardah mudah dikenali hingga diingat oleh konsumen.
Selain itu, Wardah juga memiliki gerakan yang bernama Wardah Inspiring Movement (WIM) yang melibatkan serta mengundang partisipasi individu, kelompok maupun organisasi untuk berkontribusi terhadap pembangunan Indonesia di bidang Pendidikan, Kesehatan, Pemberdayaan Perempuan dan Lingkungan, yang tentunya hal ini meningkatkan brand awareness Wardah kepada masyarakat.
3. Erigo
Erigo adalah merek fashion lokal yang menyasar pasar milenial yang memproduksi berbagai produk pakaian, seperti t-shirt, celana, hoodie, tas, dan aksesoris lainnya. Branding produknya sangat menonjolkan gaya hidup dan aktivisme. Produk pakaian ini memiliki slogan “Live Your Passion” yang mendukung para milenial untuk mengejar passion mereka. Produk-produk yang dikeluarkan stylish dan trendy, seperti Erigo x Spongebob, Erigo x Naruto, Erigo x Marvel, dan lain-lain.
Salah satu keunikan branding produknya adalah adanya komunitas penggemar Erigo yang disebut “Erigo Squad”. Komunitas ini sering berinteraksi dengan merek langsung melalui media sosial, seperti Instagram, TikTok, dan YouTube. Selain itu, merek ini juga sering mengajak para influencer, selebriti, atau tokoh publik untuk menjadi brand ambassador atau kolaborator, seperti Raffi Ahmad, Agnez Mo, atau Rich Brian.
4. Silver Queen
Silver Queen adalah merek coklat batangan asal Indonesia yang didirikan pada tahun 1950 oleh Ming Chee Chuang. Merek coklat ini menjadi merek coklat batangan favorit bagi remaja di Indonesia. Tidak hanya dijual di Indonesia, tetapi juga telah diekspor ke sejumlah negara, seperti Singapura, Malaysia, Thailand, dan Filipina.
Salah satu kunci branding produknya adalah kemampuannya untuk menyajikan produk-produk coklat dengan rasa dan kualitas yang konsisten. Tidak hanya menggunakan bahan baku coklat berkualitas tinggi, tetapi juga memperhatikan proses produksi dan penyimpanan yang higienis dan standar.
Selain itu, merek coklat ini juga melakukan branding produk melalui berbagai aktivitas pemasaran yang kreatif dan menyenangkan. Misalnya, membuat iklan yang menampilkan slogan “Santai Belum Lengkap Tanpa Silver Queen” yang mudah diingat oleh konsumen. Tidak hanya itu, Silver Queen juga mengadakan kampanye #BanyakMaknaCinta untuk menginspirasi masyarakat mengenali banyak makna cinta melalui #GiveLove, #GiveSmile dan #GiveThanks, atau berkolaborasi dengan merek lain untuk menciptakan produk baru.
5. Tolak Angin
Tolak Angin adalah herbal terstandar untuk masuk angin yang diformulasikan tahun 1930. Merek ini mengklaim produk yang dibuat berasal dari bahan-bahan alami yang berkhasiat dan aman dengan produk kualitas dan konsistensi tinggi. Melalui iklan yang menunjukkan bagaimana produk dibuat, menambah kepercayaan masyarakat dengan proses produksi dan penyimpanan yang higienis dan standar. Hal ini menambah nilai plus bagi merek kepada konsumen.
Tolak Angin juga memiliki slogan yang mudah diingat oleh konsumen “ Orang Pintar Minum Tolak Angin”. Slogan ini menggambarkan bahwa Tolak Angin adalah solusi cerdas untuk mengatasi masalah kesehatan yang sering dialami oleh banyak orang dan memberikan efek persuasif yang mendorong konsumen memilih Tolak Angin.
Untuk mendapatkan inspirasi branding produk, kamu bisa belajar dari beberapa merek sukses di Indonesia yang telah berhasil melakukan branding produk dengan baik. Beberapa di antaranya adalah Indomie, Wardah, Erigo, Silver Queen dan Tolak Angin.
Dari merek-merek tersebut, kamu bisa melihat bahwa branding produk memerlukan strategi, kreativitas, dan konsistensi dalam hal:
- Menyesuaikan produk dengan selera dan kebutuhan konsumen di berbagai negara.
- Menyampaikan pesan dan nilai-nilai yang positif dan inspiratif kepada konsumen.
- Menyediakan produk-produk berkualitas dengan harga terjangkau.
- Memperbaiki layanan menjadi yang terbaik mulai dari layanan penjualan, transaksi dan lainnya.