Indonesia vs Argentina FIFA Matchday: Situasi Menang-Menang bagi Kedua Negara

Pada tanggal 19 Juni 2023 Indonesia vs Argentina terjadi, Indonesia akan menjamu Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) dalam rangka FIFA Matchday. Ini merupakan pertemuan perdana antara kedua negara di level senior. Laga ini tentu saja sangat dinanti-nanti oleh para pecinta sepak bola Indonesia, terutama karena kesempatan untuk melihat langsung bintang-bintang Argentina seperti Lionel Messi, Sergio Aguero, Angel Di Maria, dan lain-lain.

Argentina adalah salah satu tim terkuat di dunia yang memiliki banyak bintang, seperti Lionel Messi, Sergio Aguero, Angel Di Maria, dan lain-lain. Argentina juga merupakan juara Piala Dunia 2022 yang baru saja digelar di Qatar. Sementara itu, Indonesia adalah tim yang sedang berbenah di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong. Indonesia berharap bisa memberikan perlawanan sengit kepada Argentina dan menunjukkan kemajuan sepak bola nasional.

Namun, tidak hanya dari segi olahraga, laga ini juga memiliki dampak positif bagi kedua negara dari segi ekonomi. Berikut adalah beberapa alasan mengapa Argentina vs Indonesia adalah situasi menang-menang bagi kedua ekonomi.

(Photo by Aleksandra Aleshchenko from Getty Images)

1. Menarik Minat Wisatawan

Pertandingan Argentina vs Indonesia diprediksi akan menarik minat wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri. Banyak penggemar sepak bola yang ingin menyaksikan langsung aksi Messi dkk melawan Evan Dimas dkk di SUGBK. Selain itu, banyak pula wisatawan yang ingin mengunjungi Jakarta dan kota-kota lain di Indonesia untuk menikmati keindahan alam dan budaya yang beragam.

Menurut data Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia pada Januari-Maret 2023 mencapai 4,5 juta orang, naik 12 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Sementara itu, jumlah kunjungan wisatawan nusantara (wisnu) pada periode yang sama mencapai 36 juta orang, naik 15 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Dengan adanya pertandingan Argentina vs Indonesia, diharapkan jumlah kunjungan wisman dan wisnu bisa meningkat lagi pada Juni 2023. Hal ini tentu akan berdampak positif pada pendapatan dari sektor pariwisata, seperti hotel, restoran, transportasi, dan lain-lain.

Selain itu, laga ini juga dapat meningkatkan citra Indonesia sebagai tujuan wisata di mata dunia. Laga ini akan disiarkan secara langsung oleh berbagai media internasional dan dapat menarik perhatian para penonton dari berbagai negara. Dengan demikian, Indonesia dapat mempromosikan keindahan alam dan kekayaan budayanya kepada dunia.

2. Membuka Peluang Kerjasama Bisnis

Pertandingan Argentina vs Indonesia juga membuka peluang kerjasama bisnis antara kedua negara. Banyak pelaku usaha dari kedua negara yang bisa saling bertemu dan menjalin hubungan bisnis di sela-sela pertandingan. Selain itu, banyak pula produk-produk dari kedua negara yang bisa dipromosikan dan diperdagangkan melalui pertandingan ini.

Laga sepak bola antara Indonesia dan Argentina juga dapat membuka peluang bisnis bagi berbagai pihak. Salah satunya adalah industri tiket pertandingan. Menurut Ketua Umum PSSI Erick Thohir, harga tiket untuk menyaksikan laga ini akan berkisar antara Rp 500 ribu hingga Rp 5 juta. Dengan kapasitas SUGBK sekitar 80 ribu penonton, maka potensi pendapatan dari penjualan tiket bisa mencapai Rp 40 miliar hingga Rp 400 miliar.

Selain itu, peluang bisnis juga terbuka bagi industri perhotelan, transportasi, kuliner, suvenir, dan lain-lain. Para penonton yang datang dari luar kota atau luar negeri tentu membutuhkan tempat menginap, kendaraan untuk berkeliling, makanan dan minuman, serta cinderamata untuk dibawa pulang. Hal ini dapat meningkatkan omzet dan pendapatan bagi para pelaku usaha di sektor-sektor tersebut.

3. Menjaga Hubungan Bilateral

Indonesia dan Argentina memiliki hubungan bilateral yang cukup baik sejak tahun 1956. Kedua negara memiliki kerjasama di berbagai bidang seperti perdagangan, investasi, pertanian, energi, pendidikan, dan kebudayaan. Pada tahun 2019, Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), nilai perdagangan bilateral antara Indonesia dan Argentina pada Januari-Maret 2023 mencapai 1 miliar dolar AS, naik 20 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Ekspor Indonesia ke Argentina mencapai 600 juta dolar AS, sedangkan impor Indonesia dari Argentina mencapai 400 juta dolar AS.

Produk-produk unggulan Indonesia yang diekspor ke Argentina antara lain adalah karet, minyak kelapa sawit, kopi, teh, dan rempah-rempah. Sementara itu, produk-produk unggulan Argentina yang diimpor oleh Indonesia antara lain adalah gandum, jagung, kedelai, daging sapi, dan anggur. Dengan adanya pertandingan Argentina vs Indonesia, diharapkan nilai perdagangan bilateral antara kedua negara bisa meningkat lagi pada Juni 2023. Hal ini tentu akan berdampak positif pada perekonomian kedua negara.

Laga sepak bola antara kedua negara dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan hubungan bilateral yang sudah terjalin. Sepak bola adalah olahraga yang populer di kedua negara dan dapat menjadi sarana diplomasi publik yang efektif. Dengan adanya laga ini, kedua negara dapat saling mengenal lebih dekat dan mempererat persahabatan.

4. Meningkatkan Prestasi Sepak Bola

Terakhir, tapi tidak kalah penting, laga sepak bola antara Indonesia dan Argentina juga dapat meningkatkan prestasi sepak bola kedua negara. Bagi Indonesia, laga ini merupakan kesempatan untuk menguji kemampuan timnas yang diasuh oleh Shin Tae-yong. Timnas Indonesia saat ini berada di peringkat 173 dunia menurut FIFA, sedangkan Argentina berada di peringkat 8.

Meskipun Indonesia kalah dalam banyak hal dari Argentina, bukan berarti peluang untuk memberi kejutan tidak ada. Timnas Indonesia memiliki motivasi tinggi untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya di hadapan publik sendiri. Selain itu, timnas Indonesia juga tidak memiliki beban karena laga ini bukan merupakan pertandingan resmi yang mempengaruhi kualifikasi Piala Dunia atau Piala Asia.

Bagi Argentina, laga ini merupakan persiapan untuk menghadapi Copa America 2023 yang akan digelar di Ekuador pada bulan Juli. Argentina merupakan salah satu favorit untuk meraih gelar juara di turnamen tersebut. Laga melawan Indonesia dapat menjadi ajang pemanasan dan evaluasi bagi tim asuhan Lionel Scaloni. Selain itu, laga ini juga dapat menjadi kesempatan bagi para pemain Argentina untuk menambah pengalaman bermain di Asia.

Kesimpulan

Laga sepak bola antara Indonesia dan Argentina pada FIFA Matchday 19 Juni 2023 merupakan pertemuan perdana antara kedua negara di level senior. Pertandingan ini diharapkan dapat meningkatkan hubungan bilateral, mendorong pariwisata, membuka peluang bisnis, dan meningkatkan prestasi sepak bola bagi kedua negara. Dengan demikian, Argentina vs Indonesia adalah situasi menang-menang bagi ekonomi kedua negara.

Miliki Metode QRIS untuk semua pembayaran

Ingin Bisnis Makin Laris
Dengan Pembayaran QRIS?

Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Post

Tips Mengelola Keuanngan UMKM - Buat Qris
Keuangan

Tips Efektif Mengelola Keuangan UMKM

Bagaimana Mengelola Keuangan? Mengelola keuangan bisa menjadi tantangan bagi setiap pemilik usaha kecil atau UMKM. Jika kamu tidak memiliki banyak pengalaman dalam mengelola keuangan bisnis,

Read More »

Menuju Cashless Society, Apa Itu?

Dengan kondisi pandemi yang masih berlangsung secara global, masyarakat dituntut untuk beradaptasi dengan gaya hidup baru. Gaya hidup baru ini menyesuaikan dengan teknologi digital yang

Read More »