DPR Minta Pemuda Kontribusi Digitalisasi UMKM

Memaksimalkan kontribusi pemuda dalam digitalisasi UMKM

Dari kacamata UMKM, Pandemi COVID-19 bukanlah masa yang indah untuk dikenang. Namun, di satu sisi, pandemi ini telah mempercepat perkembangan digitalisasi UMKM. Hal ini terjadi  karena banyak konsumen yang beralih ke pembelian online dan memanfaatkan media sosial untuk berinteraksi dengan bisnis.

Anggota Komisi I DPR Dave Akbarsyah Fikarno Laksono mengatakan, UMKM adalah pilar perekonomian Indonesia. UMKM menyumbang 65% dari pembukaan lapangan kerja dan 30% terhadap perekonomian Indonesia.

Peluang dan masa depanlah yang ditawarkan digitalisasi UMKM bagi Indonesia. Yang dapat dirasakan baik secara Individu hingga makro jangkauannya tambahnya.

“UMKM mampu membuka lapangan pekerjaan, mengembangkan keterampilan individu, memberikan peluang masyarakat untuk dapat menjalankan bisnis, mendorong serta mengembangkan inovasi, hingga menjadi sumber pertumbuhan ekonomi negara,” jelas Dave.

Tidak hanya Komisi I DPR, Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Samuel Abrijani Pangerapan melalui webinar bertajuk Ngobrol bareng Legislator dengan tema “Generasi Pemuda Peduli UMKM” mengatakan bahwa dalam percepatan pengembangan UMKM ini, Infrastruktur TIK dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan UMKM pada Kamis, 16 Februari 2023.

Di lain pihak, Staf Khusus Menteri Pemuda dan Olahraga Bidang Kreativitas dan Inovasi Milenial Alia Noor Ayu Laksono mengungkapkan, terdapat beberapa faktor yang menghambat perkembangan UMKM di Indonesia. Beberapa faktor tersebut termasuk kurangnya dukungan finansial, pengetahuan para pelaku, hingga regulasi atau SOP peraturan terkait UMKM.

“Dalam mendukung hal tersebut, para pelaku UMKM perlu memiliki set-skills UMKM yang meliputi kemampuan dalam mengembangkan strategi pemasaran, memahami potensi pasar, menciptakan produk yang inovatif dan berkualitas, hingga mampu berkoordinasi serta bekerjasama dengan lembaga yang berkepentingan,” Kata Alia.

Peran Pemuda Sangat Penting

Tujuan dari seminar tersebut adalah untuk meningkatkan kepedulian generasi muda untuk turut berkontribusi terhadap pengembangan UMKM di Indonesia melalui digitalisasi. Tidak lupa,  untuk membangun dan memanfaatkan infrastruktur TIK pada perekonomian Indonesia, khususnya di sektor UMKM.

Atas dasar itu, pentingnya dukungan dari kaum pemuda Indonesia untuk dapat ikut serta mendorong percepatan pengembangan digitalisasi UMKM.

 

 

 

Sumber: Media Indonesia

Miliki Metode QRIS untuk semua pembayaran

Ingin Bisnis Makin Laris
Dengan Pembayaran QRIS?

Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Post

Tips Mengelola Keuanngan UMKM - Buat Qris
Keuangan

Tips Efektif Mengelola Keuangan UMKM

Contents Bagaimana Mengelola Keuangan? Mengelola keuangan bisa menjadi tantangan bagi setiap pemilik usaha kecil atau UMKM. Jika kamu tidak memiliki banyak pengalaman dalam mengelola keuangan

Read More »

Menuju Cashless Society, Apa Itu?

Dengan kondisi pandemi yang masih berlangsung secara global, masyarakat dituntut untuk beradaptasi dengan gaya hidup baru. Gaya hidup baru ini menyesuaikan dengan teknologi digital yang

Read More »