Pengertian Bisnis Ramah Lingkungan
Bisnis ramah lingkungan erat kaitannya dengan bisnis berkelanjutan merupakan proses bisnis dengan suatu tindakan jangka panjang. Kata berkelanjutan melibatkan suatu penetapan proses atau tindakan dari waktu ke waktu. Bisnis berkelanjutan mengacu pada suatu bisnis yang mampu mencapai tujuan jangka panjang dengan memperhatikan aspek ekonomi, sosial, hukum, perilaku serta lingkungan dalam strategi bisnis.
Istilah ini telah populer di banyak perusahaan dunia dengan harapan suatu usaha dapat bertahan lama menghasilkan keuntungan yang konsisten, serta usaha maju dan berkembang di tengah persaingan yang ketat. Ekspektasi ini yang mendorong orang-orang untuk menjalankan bisnisnya dengan sistem yang berkelanjutan. Dengan menitikberatkan konsep ramah lingkungan, bisnis berkelanjutan memiliki 3 poin acuan bisnis yaitu people, profit dan planet (bumi).
Sumber: ancar.id
Tujuan Bisnis Ramah Lingkungan
Hampir sama dengan konsep bisnis lainnya, bisnis ini memiliki tujuan diantaranya:
Keuntungan
Setiap bisnis yang dijalankan pasti tujuan akhirnya adalah keuntungan yang didapatkan. Sama halnya dengan bisnis ramah lingkungan dengan fokus tambahan tetap menjaga lingkungan dengan cara menghasilkan produk ramah lingkungan.
Efisiensi
Menciptakan efisiensi pada bisnis ramah lingkungan lebih menitik beratkan penggunaan bahan baku produksi yang ada di lingkungan sekitar. Selain itu model bisnis ini lebih peduli dengan memaksimalkan penggunaan bahan baku dan meminimalisir sisa bahan yang terbuang.
Menjaga Bumi
Komitmen yang tinggi dari bisnis berkelanjutan yaitu menjaga dan melestarikan lingkungan. Ketergantungan bisnis terhadap alam yang ada di bumi telah mendorong perusahaan untuk merawat bisnisnya agar dapat terus berlangsung dalam jangka waktu yang panjang.
Tips Bisnis Berkelanjutan
Sumber: sahabat.pegadaian.co.id
Sama halnya dengan model bisnis lainnya, bisnis berkelanjutan juga memiliki tujuan mendatangkan keuntungan tetapi tetap dengan menjaga lingkungan. Dengan acuan 3 poin bisnis berkelanjutan, berikut merupakan tips untuk menerapkan prinsip berkelanjutan dalam bisnis:
Meriset Pasar Terlebih Dahulu
Riset pasar penting untuk menentukan produk/jasa yang akan kita tawarkan ke pelanggan. Akan Tetapi, dengan bisnis ramah lingkungan, riset pasar perlu dibarengi dengan kepedulian terhadap keberlanjutan lingkungan. Misalnya ingin menciptakan suatu produk ramah lingkungan untuk target pasar.
Mengatur Pengelolaan Limbah
Suatu usaha tak akan lepas dari yang namanya limbah. Mengurangi produksi limbah dan/atau memanfaatkan limbah sisa usaha ke sesuatu yang berguna merupakan cara mewujudkan bisnis ramah lingkungan. Satu hal sederhana yang dapat anda terapkan terutama yang sudah memiliki usaha yakni mulai menerapkan operasional bisnis berbasis digital. Contohnya dengan menggunakan laporan keuangan digital serta menyediakan struk digital bagi pelanggan. Cara ini akan membantu mengurangi penggunaan limbah kertas. Menerapkan operasional bisnis berbasis digital dapat dengan mudah didapatkan melalui aplikasi penyedia jasa pembayaran.
Meningkatkan Kesejahteraan Karyawan
Menciptakan lingkungan yang sehat dan aman bagi karyawan adalah hal penting untuk membuat bisnis tetap berlanjut. Kenyamanan karyawan akan menjadi reputasi tersendiri bagi bisnis anda. Selain menciptakan lingkungan yang sehat dan aman, perhatikan pula hak-hak yang harus dimiliki oleh karyawanmu.
Berkolaborasi dengan Komunitas Lokal
Melibatkan komunitas lokal pada suatu bisnis akan meningkatkan citra bisnis kepada masyarakat. Secara langsung, bisnis yang melibatkan komunitas lokal akan dipercaya dan diterima di masyarakat. Selain itu, berkolaborasi dengan komunitas lokal akan meningkatkan kontribusi sosial dan memberikan dampak positif ke lingkungan.
Menekan Dampak Lingkungan dengan Inovasi
Inovasi adalah hal yang penting dalam sebuah bisnis. Akan tetapi inovasi dengan menekankan pada dampak lingkungan adalah hal yang luar biasa. Pemilik usaha dapat melakukan berbagai inovasi untuk mewujudkan bisnisnya menjadi berkelanjutan serta ramah lingkungan. Contoh yang dapat diterapkan yakni dengan mengganti pemakaian kantong plastik dengan totebag ramah lingkungan yang bisa digunakan berulang kali. Penggunaan totebag ini sekaligus bisa menjadi salah satu branding produk anda.
Bukanlah hal yang sulit menerapkan bisnis berkelanjutan yang ramah lingkungan ini. Komitmen dan kesadaran penuh dibutuhkan agar mampu menciptakan bisnis yang berkelanjutan. Zaman modern saat ini, kepeduliaan terhadap lingkungan semakin meningkat sehingga bisnis ramah lingkungan banyak menjadi perhatian berbagai stakeholder. Maka dari itu, sudah seharusnya semua jenis bisnis sudah menerapkan bisnis berkelanjutan untuk mewujudkan bisnis yang sukses.
Sumber:
www.jojonomic.com
accounting.binus.ac.id
sobatpajak.com
bisnismuda.id