Anda punya bisnis? Atau baru ingin mulai berbisnis? Ingin tahu cara meningkatkan penjualan bisnis Anda? Simak beberapa tips jitu meningkatkan penjualan bisnis ala Sooltan berikut!
Contents
Pendahuluan
Salah satu indikator apakah suatu bisnis sukses dapat diukur dari tingkat penjualannya. Sebaik apapun kualitas dan pemasaran suatu produk, tidak akan ada artinya jika tidak laku terjual di pasar. Hal ini karena tujuan utama berbisnis sendiri adalah mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan.
Jika ingin bisnis mu cuan, tentu erat juga kaitannya dengan meningkatkan performa penjualan. Semakin tinggi volume penjualan yang berhasil dilakukan tentu akan mendatangkan keuntungan yang semakin tinggi pula.
Tips Meningkatkan Penjualan Bisnis Ala Sooltan
Berikut beberapa tips yang telah Sooltan rangkum untuk membantu meningkatkan penjualan bisnis mu!
1. Connecting the dots: Sediakan yang mereka butuhkan
Sebagai pengusaha, kita harus bisa menyediakan produk yang memang dibutuhkan oleh konsumen. Produk Anda harus bisa menjadi solusi bagi permasalahan atau kebutuhan mereka. Selain itu, penting juga bagi Anda untuk membuat checklist produk grouping. Produk grouping sendiri berarti mengelompokkan beberapa produk yang saling melengkapi untuk tujuan yang sama.
Hal ini penting untuk diterapkan pada bisnis mu dalam meningkatkan penjualan produk. Dengan produk grouping Anda dapat membuat pembeli berbelanja lebih banyak dari rencananya di awal. Pembeli akan berpikir bahwa mereka membutuhkan produk lainnya yang sebenarnya bukan dari tujuan utama mereka.
Sebagai contoh, misal bisnis Anda berupa toko aksesoris handphone yang mana produk utamanya adalah case handphone. Pastinya konsumen dari usaha Anda adalah orang-orang yang ingin mencari pelindung bagi handphone mereka agar tidak cepat rusak. Nah, selain menjual case yang fungsinya untuk melindungi handphone agar tetap aman dari benturan, Anda juga bisa menyediakan produk tempered glass atau anti gores untuk melindungi layar handphone agar semakin aman. Atau untuk perlindungan extra, Anda juga bisa menawarkan produk seperti sarung handphone.
2. Promosi Paket Produk
Penerapan strategi dengan promosi paket produk juga terbukti ampuh dapat meningkatkan penjualan. Hal ini karena biasanya produk paketan dibuat dengan harga yang lebih murah dari harga jika dibeli secara eceran. Selain itu juga, adanya promosi paket produk dapat memudahkan pelanggan dalam melakukan pembelian, menghemat waktu, serta memberikan nilai tambah kepada pelanggan.
Promosi paket produk dapat dilakukan dengan menjual paket produk grouping atau juga bisa dibuatkan dalam paket hemat seperti harga lusinan produk. Selain itu, promosi paket produk juga dapat dibuat dalam bentuk paket dimana jika membeli suatu produk dengan jumlah tertentu akan mendapatkan hadiah suatu produk secara gratis.
Sebagai contoh, misal bisnis Anda berupa toko stationary atau perlengkapan alat tulis. Dengan paket produk grouping Anda bisa membuat untuk setiap pembelian paket busur dan penggaris menjadi lebih murah jika dibandingkan dengan membeli busur dan penggaris secara satuan. Anda juga bisa membuat paket hemat seperti memberikan spesial jika membeli satu box pulpen dibandingkan membeli pulpen secara satuan. Atau juga Anda bisa membuat paket promosi jika membeli lima buah pensil akan mendapatkan satu penghapus secara gratis.
3. Berikan rekomendasi produk secara personal
Terlihat sederhana, nyatanya memberikan rekomendasi produk secara personal terbukti dapat meningkatkan penjualan produk secara signifikan lho! Rekomendasi dapat dilakukan oleh semua pegawai toko yang berinteraksi secara langsung dengan pembeli maupun chat dengan admin toko online jika berjualan daring. Intinya kita harus bisa memberi pelayanan yang terbaik dan bersifat terbuka dengan pembeli jika mereka membutuhkan bantuan.
Tanyakanlah keperluan mereka, tawarkan bantuan, lalu berilah beberapa rekomendasi yang dapat menyelesaikan permasalahan mereka. Selain dapat membangun hubungan yang baik dengan pelanggan, memberikan rekomendasi juga bisa menjadi ajang promosi. Saat datang ke tokomu pelanggan mungkin telah memikirkan produk yang hendak mereka beli. Namun dengan rekomendasi yang Anda berikan mungkin dapat mengubah niat pelanggan yang tadinya hanya ingin membeli barang tertentu juga jadi beli barang lain.
Sebagai contoh, misal bisnis Anda berupa toko bangunan, lalu ada pelanggan yang datang untuk membeli cat tembok. Anda juga bisa tanyakan apakah mereka sudah memiliki peralatan cat tembok. Tawarkanlah peralatan cat tembok yang Anda jual. Tanyakan juga bagaimana tembok yang ingin dicat, jika temboknya tinggi Anda bisa menawarkan paint roller, jika hanya ingin mengecat sebagian kecil Anda bisa menawarkan kuas cat tembok.
4. Sediakan Berbagai Pilihan Pembayaran
Kemampuan suatu bisnis untuk memfasilitasi konsumen dengan berbagai pilihan pembayaran juga memiliki peranan penting dalam meningkatkan penjualan. Sebagai pebisnis, Anda harus bisa memudahkan pelanggan dalam melakukan proses transaksi. Menyediakan berbagai pilihan pembayaran dengan dompet digital juga penting untuk mengakomodasi berbagai karakter konsumen.
Nah, beruntung buat kamu yang sedang bingung untuk mengakomodasi berbagai pilihan pembayaran digital, sooltanPay punya solusinya. Dengan QRIS sooltanPay, proses transaksi menjadi lebih mudah dan Anda bisa terima metode pembayaran dari dompet digital manapun lho! Jadi tunggu apalagi? Segera daftarkan QRIS usahamu secara CEPAT dan GRATIS hanya di sooltanPay dan rasakan berbagai kemudahannya! Untuk manfaat selengkapnya bisa Anda cek disini.