Media promosi Online adalah alat atau teknologi yang digunakan oleh pelaku usaha untuk mempromosikan produk atau jasa yang ditawarkan. Di zaman yang serba cepat seperti sekarang ini, media promosi online sudah menjadi alat utama yang dibutuhkan bagi para pebisnis. Sebab, banyaknya manfaat yang dapat membantu mengembangkan suatu usaha. Mulai dari menjangkau lebih banyak konsumen, mempercepat proses penjualan, mendapatkan saran dari konsumen, hingga biaya promosi yang lebih murah dibandingkan dengan cara offline.
Oleh sebab itu, buat kamu para pebisnis khususnya UMKM, sudah waktunya untuk memiliki alat promosi online kamu sendiri.
Jenis-jenis Media Promosi Online
Saat ini sudah sangat banyak media promosi online yang bisa kamu gunakan, diantaranya sebagai berikut.
1. Media Social
(Sumber: Freepix)
Media social merupakan salah satu media promosi online yang wajib kamu gunakan. Sebab, mengutip laporan dari We Are Social, total penggunaan social media pada Januari 2022 lalu mencapai 191 juta pengguna. Dimana, jumlah ini meningkat 12,35% dibandingkan dengan tahun 2021 lalu sebesar 170 juta pengguna.
Nah, karena penggunaan social media semakin meingkat setiap tahunnya, tentunya kamu harus bisa menggunakan kesempatan ini sebagai alat promosi kamu. Ada banyak media social online yang bisa kamu gunakan mulai dari yang gratis hingga berbayar. Contohnya seperti YouTube, Instagram, Facebook, Twitter, TikTok, dan WhatsApp.
2. Marketplace
(Sumber: BisnisUMK.com)
Selain social media, marketplace juga merupakan salah satu media promosi online yang wajib kamu miliki. Hal ini karena lebih banyaknya manfaat yang didapat bagi calon pembeli seperti lebih praktis dalam bertransaksi, banyak pilihan produk dan promo. Sehingga, penggunaan marketplace di indonesia pun terus berkembang hingga saat ini.
Jadi, buat kamu para pebisnis khususnya UMKM, kamu juga bisa mempromosikan produk atau jasa kamu di marketplace. Banyak pilihan marketplace yang masih sangat populer hingga saat ini, seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, Blibli, dan Bukalapak. Dan tentunya tidak hanya promosi, tetapi kamu juga bisa memiliki toko online kamu sendiri di marketplace.
3. Blog
(Sumber: KenyaInvest.co.ke)
Selanjutnya, blog juga salah satu media promosi online yang wajib kamu manfaatkan. Dalam pengertiannya, blog adalah salah satu alat promosi online yang sering digunakan dengan mempublish konten seperti artikel, gambar ataupun video.
Kamu dapat mempromosikan produk kamu dengan cara membuat konten yang berhubungan dengan produk kamu. Contohnya, jika kamu menjual produk kosmetik, maka jenis konten yang kamu buat harus berhubungan dengan konten kecantikan.
Nah, setelah kamu membuat blog kamu sendiri, kamu bisa menggunakan teknik SEO (secara gratis) atau SEM (berbayar) untuk memudahkan orang melihat konten atau blog kamu.
4. Email Marketing
(Sumber: blog.hslu.ch)
Selain itu, email marketing ini juga merupakan salah satu alat promosi online yang wajib kamu gunakan. Sebab, ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan mulai dari menghemat biaya dan waktu, hingga mengubah pembaca menjadi pembeli.
Jadi, buat kamu khususnya pebisnis UMKM jangan ragu untuk menggunakan media promosi online yang satu ini ya. Ada banyak penyedia layanan email marketing gratis yang bisa kamu gunakan seperti Mailchimp, Sendinblue dan lain sebagainya.
Nah, sudah tahu kan media promosi online apa saja yang wajib kamu miliki. Tentunya, kamu bebas memilih media yang paling untuk usaha kamu. Dan bicara soal promosi online, jangan lupa juga untuk menggunakan aplikasi pembayaran digital sooltanPay ya. Sebab, selain kamu bisa menjangkau lebih banyak calon konsumen, sistem pembayaran kamu juga akan semakin cepat dengan Qris sooltanPay. Jadi, kamu ga perlu panik lagi deh kalau banyak orderan di toko kamu. Tenang ada MDR 0% juga kok. Yuk daftar sekarang!